KBRI ABUJA BERDIPLOMASI LEWAT PRAMUKA/SCOUT












http://maleya-scout.blogspot.com. Abuja.Com.  Pada tanggal 29 Februari 2020 Jam 09.00 waktu setempat peserta kegiatan pengenalan budaya Indonesia dan Pelatihan agorobisnis kepada  Scout kwarda Abuja, Nigeria. Peserta didik  yang hadir di sambut oleh tim panitia kegiatan , kegiatan ini di dukung dan mendapat arahan dari Dubes RI yang berkedudukan di Abuja Dr. Usra Hendra Harahap M.Si, sebelum Dubes berangkat ke Sokoto dalam waktu yang sama dengan kegiatan pelatihan Scout, Dubes  mendapat undangan dari Sultan Sokoto sebelum berangkat berpesan kepada peserta dan panitia supaya kegiatan dilaksanakan dengan semangat dan memperhatikan keselamatan kerja.

Kegiatan ini dapat menjadi sarana Diplomasi yang baik untuk kerjasama dan pengenalan sekilas tentang Indonesia dan pengenalan produk pertanian  Indonesia serperti Pupuk buatan Indonesia dan bibit tanaman unggul kemasan hasil penelitian laboratorium dalam kesempatan ini Tim memperkenalkan bibit sawit unggul dari Indonesia yang dapat panen cepat dan memiliki tandan buah segar yang berkualitas tinggi dan memiliki berat dari 70 Kg sampai dengan 100 kg pertandan, yang tidak menutup kemungkinan bibit -bibit ini dapat dipasarkan di Afrika.

Kegiatan pelatihan agrobisnis diikuti oleh 20 orang peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan, peserta pelatihan sangat tertarik dengan peraktek lapangan yang meliputi pengenalan cara bercocok tanam secara organic dimana tidak menggunakan sama sekali  bahan kimia tapi bahan alam semua mulai dari pupuk dan pencegahan hama secara bahan alami dan pengenalan pertanian modern antara lain cara penggunaan pupuk buatan atau kimia dan sistem pengairan infus yang cocok untuk daerah padang pasir, tim Pembina juga memperkenalkan cara pembibitan, memperbanyak tanaman dengan Cara Cangkok memperbanyak tanaman atau mengembangbiakkan tumbuhan dengan cara membuat akar baru dari sebuah batang,.juga dengan stek caranya mudah cukup mengambil bagian dari tumbuhan tertentu yang kemudian di tanam di media yang lain, selanjutnya okulasi atau menempel ini kita menempelkan tumbuhan lain ke tumbuhan induk untuk menggambungkan 2 sifat berbeda.

Sedangkan menurut ketua panitia tujuan pelatihan ini langkah besar untuk meningkatkan nilai tambah peserta didik dan menambah wawasan  pengetahuan bidang pertanian  untuk peserta didik scout. Selain itu umtuk sarana diplomasi memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda Nigeria dengan harapan Nigeria dimasa mendatang menjadi Negara yang aman untuk ditinggali oleh masyarakat Indonesia, tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti ada dari peserta didik yang kebanyakan berasal dari pelajar dan akademisi  menjadi pemimpin masa depan Nigeria akan banyak membantu keharmonisan hubungan Indonesia dan Nigeria.

Pada akhir kegiatan lewat perwakilan peserta didik Mr.Uwem Nathaniel mengucapkan terima kasih kepada Dubes RI Abuja, Ibu Dubes dan kepada Ibu Tri dan Ibu Basuki yang mewakili Ibu DWP Perwakilan Abuja yang hadir saat pelatihan dan tidak lupa juga terima kasih kepada seluruh Staf KBRI yang telah mendukung kegiatan, selanjutnya Mr. Uwem meharapkan ada lagi kerja sama lanjutan  antara KBRI dan Scout di masa mendatang. 

Komentar