PRAMUKA TERDEPAN UNTUK SALING MENOLONG


Setiap kelemahan  yang diberikan Tuhan jangan pernah untuk disesali harus disadari disamping kelemahan tersimpan kekuatan. orang buta pasti lebih kuat bekerja di tempat berdebu dibandingkan orang normal, hidup hanya menjalani taqdir jangan pernah melawan taqdir karena melawan taqdir sama dengan melawan Tuhan

Kita anggota pramuka diajarkan supaya kita saling mencintai sesama tampak melihat latar belakang apakah dia seorang darah biru atau darah merah karena di mata seorang pramuka, semua orang sama tidak membedakan apakah dia berkulit putih atau berkulit hitam apakah ia orang barat atau orang timur karena kita pada dasarnya kita semua lahir telanjang, tidak ada dari kita yang lahir langsung pakai celana dan tidak ada yang lahir dari kita yang langsung berdiri dan berlari tapi kita lahir berbaring lemah, baru kemudian belajar merangkak,kemudian berjalan tertatih-tatih itu kita manusia pada dasarnya lahir lebih lemah dari kambing yang begitu lahir langsung berdiri beberapa jam kemudian dia sudah dapat ber lari ..saya tanya dulu anda apa yang anda sombongkan ?.

Pramuka mengajarkan pada dasa darma yang ke 2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Selain sebagai makhluk pribadi, kita juga sebagai makhluk sosial, artinya, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri. Kita perlu teman,bergaul, bertetangga. Kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, kita memerlukan bantuan orang lain.

Hidup hanya sekali berikanlah yang terbaik cintailah sesamamu karena cinta adalah akar dari kebenaran sedangkan buah dari kebenaran adalah keadilan jangan pernah menghina sesama manusia karena sakit hati itu akan bertahan lama dihati seseorang yang disakiti bagaikan sebatang paku yang di tancap didingding biarpun pakunya sudah dicabut akan tetapi bertahun- tahun bekasnya tidak akan hilang.
'
Wahai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal.Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mendalam PengetahuanNya.
(Al quran Surah al-Hujurat: 13) 

Janganlah perbedaan kita buat untuk saling memusuhi tapi keanekaragaman menganggapnya sebagai kekayaan dengan banyak warna kadang membuat sesuatu indah, berbicara tentang kasih terhadap sesama manusia banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengasihi sesama kita di dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya, menyapa setiap orang yang kita jumpai baik yang kita kenal maupun yang belum kita kenal sekalipun, menolong orang yang membutuhkan bantuan dan lain sebagainya.
Di dalam kehidupan kita tentu kita mengenal akan kata kasih, semua orang memiliki kasih namun tidak semua orang dapat menunjukkan atau memberikan rasa kasihnya terhadap sesama. Kasih yang kita miliki begitu indah dan besar akan artinya namun jika kita tidak menunjukkan atau memberikan rasa kasih kita kepada sesama maka kasih yang kita miliki tak akan berguna dan  kita tidak akan dapat merasakan rasa kasih dari sesama kita.

Marilah kita saling menyangi karena rasa sayang akan membuat kita lebih cepat berkembang karena cinta itu adalah anugrah yang paling besar yang hanya dapat dinikmati oleh manusia dan cinta itu bersumber dari Tuhan yang bersemayam dalam lubuk hati yang paling dalam jangan pernah sombong karena sombong sumber kehancuran tolonglah sesama karena sesudah anda menolong orang lain, sebuah kebahagiaan akan muncul dari hati, membuat ketenangan menghidarkan kita  dari segala penyakit. jangan penah menyakiti karena menyakiti adalah penyakit hati yang akan mengakibat penyakit jiwa dan akan menimbulkan berbagai penyakit fisik bagi anda.

Menurut Alkitab
Kasih terhadap sesama manusia sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri dan tidak sombong, tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Apabila membaca Bismillah, kita mengisytiharkan diri kita mesti belajar menyayangi sesama manusia. Nilai kasih sayang amat hebat kesannya dalam kehidupan. Sekiranya nilai itu hilang daripada hati manusia, ia mengundang pelbagai bencana. Kejian demi kejian dan segala kebiadaban menular gara-gara hilangnya kasih sayang. Coba lihat masyarakat jahiliah yang hancur nilai kemanusiaannya itu mula berubah sekelip mata apabila iman dibawa Rasulullah mengajar cinta dan kasih sayang. Golongan tua perlu hormat kepada orang muda, si kaya simpati dengan si miskin sementara yang berkuasa menghormati golongan lemah. 

Malah, sifat saling memberi keutamaan kepada orang lain itu begitu takjub hingga tidak pernah direkodkan dalam sejarah. Bukan saja sesama manusia malah terhadap haiwan juga. Semua rahmat Allah mula mengalir dalam sanubari insan. Lantaran itu bagi memulakan sesuatu kebaikan, saling menghormati dan apa saja kebaikan mesti bermula dengan mencintai Allah. Seorang mukmin juga perlu senantiasa memelihara lidahnya daripada mengeluarkan perkataan keji, mencela dan melaknat orang lain, malah berhati-hati sepanjang masa. 

kita Pramuka terdepan dalam usaha kemanusiaan untuk saling menyayangi dan mencintai jangan saling bermusuhan itu adala ajaran setan dan iblis yang paling tua sejak anak adam di adu untuk saling membunuh dan merupakan pembunuhan pertama di awal kejadian manusia. Hampir semua agama mengajarkan cinta kasih agama islam,keristen ,hindu dll semua mengajarkan agar manusia saling menyangi jadi kenapa ada permusuhan kenapa ada perang yang hanya menuruti setan, nafsu dan kepentingan.

Komentar